Cara Mengisi Waktu Senggang bagi Pengisi Suara

Posted on:

Dalam dunia voice over atau pengisi suara atau dubber , project yang dikerjakan voice over talent tidak selalu ada atau datang setiap saat. Ada waktu-waktu tertentu bagi voice over talent tidak begitu banyak memiliki project, bahkan ada saatnya tidak memiliki project sama sekali. Disaat seperti ini, beberapa voice over talent mungkin akan menggunakan waktu mereka untuk melakukan kegiatan lainnya atau mungkin akan lebih memilih untuk istirahat.

 

Waktu senggang yang diiliki voice over talent bisa bermanfaat bagi diri sendiri juga dalam hal pengembangan diri untuk lebih baik lagi. Mungkin beberapa tips berikut bisa menjadi pertimbangan dalam mengisi waktu luang, khususnya untuk voice over talent ketika tidak memiliki project.

 

  1. Berlatih Membaca Naskah yang belum pernah ditemui

Mempelajari sesuatu yang baru tidak akan merugikan diri sendiri. Selain kita memiliki pengetahuan yang baru, kita juga mampu untuk melatih kemampuan semakin dalam. Misalnya saja dengan berlatih membaca naskah yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

 

  1. Berlatih Berbagai Macam Karakter Suara

Alternative lain dalam mengisi waktu senggang adalah mecoba untuk memerankan berbagai macam karakter suara. Jika anda belum pernah untuk mencoba memerankan karakter, maka tidak ada salahnya untuk berlatih untuk memerankan karakter. Dalam waktu senggang yang dimiliki selama tidak ada project, ada baiknya menggunakan waktu dengan menambah kemampuan untuk berlatih berbagai macam karakter suara yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

 

  1. Belajar Bahasa Baru

Dunia voice over yang semakin berkembang di seluruh dunia menjadikan profesi ini menjadi salah satu profesi yang menjanjikan. Ketika kita tidak sedang melakukan project, tidak ada salahnya kita belajar untuk mengenal bahasa baru. Mulai dari pengenalan bahasanya, hingga cara pengucapannya.

  1. Olahraga

Setiap project yang dikerjakan oleh voice over talent akan memiliki kesulitan yang menguras tenaga. Saat tidak sedang mengerjakan sebuah project, kita bisa memanfaatkan waktu untuk berolahraga. Selain untuk menjaga kesehatan, olahraga juga mampu membuat kita melatih pernapasan, sehingga saat melakukan project yang panjang, kita sudah terlatih dalam hal pernapasan dan tidak mudah lelah.

 

 

Tidak memiliki project bukan berarti tidak melakukan apapun. Waktu senggang saat tidak adanya project bisa menjadi waktu yang berharga bagi voice over atau pengisi suara atau dubber  talent untuk semakin mengembangkan dirinya. Dengan cara berlatih membaca naskah yang belum pernah dilakukan hingga waktu olahraga bisa menjadi alternative pilihan yang bisa diambil untuk mengisi waktu senggang.