Spesifikasi Komputer yang Tepat untuk Rekaman di Rumah

Posted on:

Pasti banyak di antara para talent yang bertanya-tanya, bagaimana sih caranya merekam suara di rumah? Atau alat apa saja yang proper untuk digunakan dalam rekaman di rumah?

Komputer tentu saja menjadi komponen mutlak yang harus dipunyai setiap talent voice over atau pengisi suara atau dubber yang ingin mendirikan home-recording  studio, karena komputer merupakan tempat di mana suara akan diproses, diedit, disimpan dan akan dikirimkan kepada calon klien atau mengikuti audisi online. Tetapi tentu saja tidak semua komputer kompatibel untuk digunakan dalam proses perekaman. Ada beberapa spesifikasi minimal yang harus dimiliki sebuah komputer agar dapat bekerja dengan baik ketika melakukan sesi rekaman.

Komputer biasa diartikan sebagai perangkat elektronik untuk menyimpan dan memproses data, biasanya dalam bentuk biner (bahasa digital). Komputer atau laptop dalam hal perekaman suara, biasa digunakan untuk melakukan proses produksi atau perekaman dan editing suara melalui software. Komputer dan laptop merupakan seperangkat alat elektronik yang dibangun dan didasarkan pada spesifikasi hardware penyusunnya. Hardware komputer adalah kumpulan piranti fisik sebuah sistem komputer. Contoh hardware seperti display monitor, keyboard, mouse dan semua komponen di dalam CPU, seperti Processor, hard disk drive, motherboard, VGA, Integrated Soundcard, dan RAM. Berikut fungsi-fungsi Hardware komputer.

1. Display Monitor

Display Monitor, atau yang biasa kita sebut sebagai layar monitor adalah alat yang dipergunakan untuk menayangkan teks, gambar grafis, video, dan Graphic User Interface dari aplikasi komputer yang kita jalankan. Ada beberapa jenis display monitor, yaitu Monitor Tabung (CRT), LCD Monitor, LED Monitor, dll. Untuk mengkoneksikan monitor dengan komputer, kita memerlukan kabel penghubung menuju VGA. Kabel tersebut biasanya berjenis Kabel VGA, Kabel HDMI, dan Kabel Display Port. Mohon check kembali apa koneksi yang dibutuhkan dari display monitor yang anda miliki, dengan Kartu VGA anda.

2. Keyboard

Keyboard komputer adalah perangkat komputer bergaya mesin ketik yang berfungsi untuk membuat perintah-perintah khusus pada aplikasi atau software yang kita gunakan. Keyboard berfungsi untuk memerintahkan program yang kita gunakan untuk merekam, mengedit, dan banyak hal lainnya.

3. Mouse

Adalah alat penunjuk yang digerakan oleh tangan kita untuk mengakses perintah-perintah tertentu. Hampir sama dengan keyboard, mouse bekerja untuk memberikan perintah terhadap aplikasi atau software yang kita gunakan.

4. Processor

Adalah sirkuit elektronik di dalam komputer yang menjalankan instruksi program komputer dengan melakukan operasi aritmatika, logika, kontrol dan input/output dasar (I/O) yang ditentukan melalui perintah keyboard dan mouse.

Processor adalah otak dari segala kegiatan yang kita lakukan dalam komputer. Tugas utamanya adalah menjaga sinkronisasi antar komponen pendukung dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Daya kerja prosesor ditentukan dari berapa banyak jumlah core yang dimiliki. Untuk menjalankan aplikasi perekaman, setidaknya kita membutuhkan spesifikasi dual core processor.

5. Hard Disk Drive

Hard disk/Flash disk/e-SATA adalah perangkat penyimpanan data di komputer. Setiap suara yang kita rekam dan edit aakan disimpan dalam perangkat ini. Karena kapasitas data untuk suara biasanya cukup besar, maka setidaknya kita memerlukan hard dirive berkapasitas minimal 500 Gigabyte.

6. Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit dimana setiap komponen utama komputer terkoneksi. Motherboard yang baik, sebaiknya memiliki kecepatan transfer data antar komponen yang cepat, dan memiliki setiap slot komponen yang dibutuhkan komputer untuk bekerja dengan baik.

7. VGA

Visual Graphic Adapter (VGA) adalah komponen komputer yang bekerja untuk memproses perintah-perintah visual dari Graphic User Interface suatu program atau aplikasi. VGA yang baik seharusnya mampu memvisualkan semua kebutuhan dari aplikasi tanpa lagging. Untuk membangun komputer yang ditujukan sebagai alat perekam, minimum spesifikasi VGA yang dibutuhkan adalah 1GB.

8. RAM (Random Access Memory)

RAM atau Random Access Memory adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengakses data yang tersimpan di komputer dan membuat data tersebut lebih cepat ditampilkan. Perpaduan antara RAM, Processor, Motherboard, dan VGA yang baik, akan sangat menunjang efektifitas dan kecepatan komputer secara maksimal. Komputer yang akan digunakan untuk perekaman suara sebaiknya memiliki kapasitas RAM sebesar 4GB.

Untuk membangun sebuah komputer yang dapat menunjang proses perekaman suara dengan baik, perhatikanlah spesifikasi hardware yang dibutuhkan. Spesifikasi minimal Hard Drive yang dibutuhkan adalah:

  • Processor : Pentium G/Core i3
  • VGA : 1 GB
  • RAM : 4 GB
  • HDD : 750 GB