Peluang menjadi Voice Over Talent di Indonesia

Posted on:

Kemarin kita sudah membahas Memilih ruangan untuk rekaman Voice over atau pengisi suara atau dubber di rumah, maka kali ini kita akan membahas mengenai Industri Voice over atau pengisi suara atau dubber. Karena pastinya kebanyakan dari kita ingin mengetahui bagaimana sih peluang membangun karir menjadi Voice over atau pengisi suara atau dubber talent.

Industri kreatif menjadi pujaan di berbagai belahan dunia, banyak yang memprediksikan Industri Kreatif akan menggeser industri lain dan menjadi tujuan banyak talent untuk berebut tempat di masa depan.

Voice over atau pengisi suara atau dubber adalah salah satu profesi yang menjadi turunan dari Industri Kreatif, jadi saat Industri Kreatif sedang naik daun maka Voice Over Talent akan diminta kontribusi yang lebih. Sebagai gambaran adalah saat Trend Internet Marketing berubah menjadi Trend Content Marketing ini dapat kita artikan bahwa semua Brand akan secara besar-besaran dan continue memproduksi Content untuk di distribusikan melalui Channel Media yang mereka punya, baik itu Social Media maupun Media Placement.

Kenapa Content Marketing? Karena Netizen jaman sekarang sudah pintar untuk memilah Content yang akan mereka lihat di halaman pribadi Social Media mereka. Contoh: Daripada melihat iklan minyak gorang dari Si Brand, Orang lebih memilih melihat video bagaimana membuat menu sehat dan tips resep. See Got it?

Content yang mempunyai impact dan feedback besar dari audiens dilihat dari urutan terkecil adalah Text, Image dan Videos. Yang disebut terakhir membutuhkan effort lebih untuk memproduksi Content Video yang mempunyai value terhadap audiensnya. Content Video yang sedang digemari adalah Infographic, seperti berikut contohnya:

Untuk memproduksi Infographic maka membutuhkan Motion Graphic, Background Music & Voice Over. Sudah dapat gambaran? Kalau belum mari kita bahas sedikit mengenai Statistik Angka dari Youtube, Kenapa Youtube? Youtube adalah Search Engine terbesar kedua setelah Google dan seperti kita ketahui Youtube dimiliki oleh Google (Anak Perusahaan). Youtube mempunyai statistik sebagai berikut:

1. Lebih dari 1 Billion pengunjung tiap bulan

2. Setiap bulan Youtube di tonton selama 6 Billion jam

3. 80% Traffic Youtube berasal dari luar US

4. Youtube Mobile tersedia di Ratusan Juta Devices Smartphone

Belum lagi Industri Mobile Games & Mobile Applications yang semakin makin menggiurkan, setiap harinya puluhan ribu Mobile Games & Mobile Applications di produksi dan di distribusikan di Application Store seperti Google Play Store, Apple Apps Store dan lain-lain. Kemudian pertanyaanya apakah semua Games & Apps tersebut membutuhkan Voice Over? Jawabannya tentu tidak, namun lihat peluangnya mulai dari sekedar mengisi Voice Over untuk Games seperti mengucapkan script “Game Over!” atau “You Win!” hingga Mobile Applikasi seperti Audiobook? Menarik sekali.

Audiobooks memang bukan jenis media yang digemari di Indonesia, namun di Amerika ini menjadi penggeser utama Trend Podcast. Kami yakin sekali Audiobooks Publisher diluar cepat lambat akan melihat peluang untuk mengalih bahasakan Audiobooks koleksi mereka yang berbahasa Inggris menjadi Multi Bahasa. Dan Asia akan menjadi Captive Market yang sayang untuk dilewatkan, Apakah ini sudah menajwab pertanyaan anda diatas?

Menganggumkan bukan? Ini berarti Voice Over semakin dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan produksi Content Video yang semakin luar biasa tingginya untuk di distribusikan di Youtube, Vimeo, Social Media jadi semakin besar peluang untuk menjadi Voice Over Talent. Jadi tunggu apalagi segera buat Demo Tape Voices anda kirimkan ke kami dan Join Market Place www.indovoiceover.com

Untuk pertanyaan bisa tinggalkan koment di social media kami atau Youtube Channel kami.