Menguak Patokan Harga Voice Over Talent

Posted on:

Berbeda di pasar voice over atau pengisi suara atau dubber mancanegara yang sudah ramai, industri voice over nasional masih belum terbentuk secara masif. Hal ini menjadikan menentukan standar harga voice over talent belum baku dan diketahui secara umum baik bagi publik mau pun industri terkait.

Membuat patokan harga voice over talent bergantung pada banyak hal. Tarifnya bisa mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per menit. Dapat pula bersifat per project atau menjadi hak milik agensi atau klien. Belum lagi pengalaman berbicara di dalam memutuskan harga voice over atau pengisi suara atau dubber talent itu sendiri.

Sebagai seorang voice over talent, anda wajib menyadari berapa hendak mematok harga jasa anda. Dengan mempertimbangkan banyak faktor, anda wajib membuat daftar harga yang memang sesuai dengan jenis suara anda. Jangan ragu untuk memasang harga yang tinggi jika suara anda memang unik plus pengalaman yang telah anda miliki selama ini.

Jika anda bisa menguasai banyak bahasa asing tentu bakal menjadi poin plus tersendiri dalam menentukan harga voice over talent. Beberapa poin di atas dapat menjadi bahan pertimbangan jika anda mempromosikan dan menjual suara anda secara independen, baik melalui media sosial atau pun platform voice over market agency hingga forum terbuka publik.

Menentukan harga voice over talent tidak akan terlalu serumit di atas jika anda mempercayakannya kepada agensi tempat anda bernaung. Mereka sudah pasti mengetahui kisaran harga voice over atau pengisi suara atau dubber talent yang pas yang mengikuti tipe klien, jenis project, keunikan suara anda hingga berapa harga dari pesaing lainnya.

Tentunya, harga voice over talent mengikuti durasi dan jenis project yang akan dikerjakan. Tantangan pengisian suara turut dipertimbangkan, dimana membaca narasi biasa tidak akan membutuhkan penghayatan lebih dibandingkan mesti mengisi trailer atau storyline film yang bisa mewajibkan voice over talent untuk belajar terlebih dahulu. Mengisi audiobook hingga tutorial kemungkinan harganya akan berbeda pula. Standar para agensi kemungkinan berbeda dengan harga yang dibuat oleh voice over talent sendiri karena mempertimbangkan pajak, biaya promosi dan lainnya.