5 Cara Mempersiapkan Recording Session Dengan Baik

Posted on:

Persiapan yang baik adalah kunci keberhasilan. Petuah ini dapat diterapkan kepada hal apapun, termasuk dalam melakukan sesi rekaman Voice over atau pengisi suara atau dubber di studio.

Indovoiceover.com sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia sering menerima sample suara yang terdengar kurang dipersiapkan dengan baik. Kurangnya persiapan dapat didengar dari noise yang terdapat dalam sample suara, baik itu berupa electrical noise, room noise, dsb. Hal-hal tersebut pada akhirnya akan mempengaruhi hasil approval dari tim indovoiceover.com yang terdiri dari voice director dan tim sound engineer untuk memutuskan mana talent yang layak masuk di website kami dan mana yang tidak.

Untuk menghindari hal-hal tersebut kami berikut kami berikan beberapa langkah mudah untuk mempersiapkan recording session sample suara Voice over atau pengisi suara atau dubber agar terdengar lebih baik:

  1. Pre-Production

Mungkin terdengar sedikit berlebihan ketika kita melakukan pre-production untuk mempersiapkan recording session demo voice over. Banyak anggapan seperti, “Halaahhh.. Rekaman sample suara buat demo aja koo dibikin ribet?” Anggapan-anggapan seperti ini yang harus dihindari, agar hasil demo voice over bisa maksimal.

 

Di tahap ini, pilih dan pastikanlah naskah yang baik untuk anda, lalu berlatihlah menggunakan naskah tersebut, pastikan penekanan dan power dari suara terdengar dengan jelas.

 

  1. Ruangan yang Baik

Apakah anda pernah berkunjung ke studio professional? Bila pernah, tentu anda akan tahu bahwa booth vocal studio tersebut telah diberikan penanganan khusus sehingga menjadi kedap suara. “Jadi harus sewa studio bagus dong untuk merekam demo voiceover?” Temukan jawabannya dengan membaca artikel yang pernah kami tulis sebelumnya disini

 

  1. Recording Gear yang Baik

Recording Gear yang baik, haruskah yang mahal? Pandangan mengenai Recording Gear yang baik merupakan hal yang relative, tergantung dengan budget yang dimiliki untuk membuat studio. Coba baca beberapa post yang pernah kami tulis sebelumnya agar anda memahami apa saja recording gear yang baik.

 

  1. Basic Editing yang baik

Apabila Ruangan dan Recording Gear belum bisa maksimal, maka poleslah suara anda dengan menggunakan teknik-teknik editing yang baik. Proses Editing, Mixing, dan Mastering juga disebut sebagai proses post-production. Tapia da satu hal yang perlu menjadi perhatian disini, apabila source/suara talent tidak baik, maka mau dipoles seperti apapun, hasilnya juga tidak akan baik.

 

  1. Have Fun

Last but not least, Bersenang-senanglah! Apapun yang dilakukan dengan hati yang riang, akan mendapatkan hasil yang juga menyenangkan.

 

Selamat mencoba!