Berapa Sih Gaji Seorang Dubber di Indonesia?

Posted on:

Dubber atau pengisi suara atau voice over merupakan sebuah profesi pengisi suara sebuah karakter dalam sebuah film anime, telenovela, iklan, game dan lainnya. Film anime, iklan, game dan kartun tersebut tidak akan menjadi menarik dan tak akan menjadi berarti tanpa peran dari seorang dubber atau pengisi suara yang memerankan sebuah karakter dalam serial tersebut. Profesi ini bukanlah pilihan yang buruk, bahkan profesi ini cukup menjanjikan ketika digeluti dengan tekun.

  1. Gaji Seorang Dubber

Besar kecilnya penghasilan seorang dubber bergantung pada banyaknya sebuah karakter yang diperankannya. Apabila semakin tinggi jam terbang seorang dubber harga jual mereka juga akan semakin tinggi. Selain itu, melakoni pekerjaan tersebut tidak diperlukan berdandan dan berpakaian formal layaknya karyawan kantoran.

Keberhasilan seorang dubber diukur apabila mereka mampu menarik para penontonnya. Terutama ada yang menirukan suara dubber tersebut sebagai tokoh kartun. Selain senyuman dari para penonton yang sangat terhibur dari lakon seorang dubber yang penghargaan yang cukup adalah bayaran yang diterima oleh dubber itu sendiri. Pada umumnya seorang yang berprofesi sebagai dubber di Amerika akan memperoleh gaji sebesar $80.000/ tahun. Nilai yang cukup fantastis ini disebabkan oleh majunya industri dubbing di Amerika, dan tentunya nilai ini tidak dapat disamakan di setiap negara.

 

  1. Profesi Dubber

Profesi sebagai dubber terlihat lebih mudah bagi sebagian orang. Namun, pada kenyataannya, tidak semua orang dapat dengan mudahnya menjadi seorang dubber atau pengisi suara atau voice over. Profesi ini membutuhkan suara yang memiliki karakter agar dapat melakoni peran dalam sebuah serial. Selain itu, dubber juga harus memiliki kemampuan untuk mengeluarkan suara yang sesuai dengan karakter yang diperankan, seperti protagonis ataupun antagonis. Tidak hanya itu, dalam proses perekaman suara baru seorang dubber dituntut untuk mampu berekspresi dengan sangat baik hingga film yang telah dialih bahasanya menjadi tetap menarik ditonton.

Di Indonesia, menjadi seorang dubber dapat dikatakan sebagai profesi yang cukup menjanjikan. Diketahui, profesi sebagai seorang dubber ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang menggeluti bidang perfilman hingga periklanan. Selain itu, bayaran yang dapat diterima oleh seorang dubber sangat menggiurkan yaitu kisaran ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Bayaran yang cukup tinggi mengingat pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara paruh waktu.