ADR Atau Automated Dialogue Replacement

Posted on:

Halo, untuk kali ini Indovoiceover akan membahas sebuah tehnik yang menjadi bagian dalam pembuatan sebuah film atau video. Banyak orang yang tidak tahu atau merasakan bahwa dia sudah menggunakan hasil jadi dari tehnik tersebut. Tehnik tersebut dikenal dengan ADR.

IMG_040611

 

ADR (Automated/Automatic Dialogue Replacement) adalah proses pengulangan rekaman dialog yang dilakukan didalam studio dan disinkronisasi dengan video yang telah dibuat sebelumnya. Setidaknya ada 3 pihak yang terlibat dalam sebuah rekaman ADR, yaitu talent Voice over atau pengisi suara atau dubber, recording engineer dan audio editor dan telah menjadi standard industri perekaman film di Amerika. Dan tidak menutup kemungkinan untuk ditambah dengan talent director. Dalam hal ini seorang talent VO (aktor) harus bisa menciptakan dialog yang sangat sinkron (sesuai) dengan adegan yang ada didalam video tersebut. Mulai dari gerak bibir, intonasi bahkan sampai dengan emosi. Sedangkan tugas seorang audio engineer adalah menciptakan studio rekaman dengan tata akustik yang sangat baik, sehingga suara yang dihasilkan sang talent tidak akan terdengar seperti sedang berada didalam studio rekaman. Tugas audio editor lebih kepada memilih bagian-bagian suara hasil rekaman. Bagian-bagian tersebut haruslah yang terbaik. Selain itu juga menggabungkan bagian-bagian tersebut dan mensinkronkan dengan video.

Pernah membayangkan mengapa suara-suara dialog dalam sebuah film terasa begitu jelas? Mereka (pembuat film) menggunakan sebuah trik kecil yang disebut dengan ADR.

Dalam pembuatan seuah video/film, seorang production sound mixer merekam dialog selama pembuatan video/film tersebut. Rekaman tersebut seringkali berisi suara gangguan-gangguan yang seharusnya tidak ada didalam film tersebut. Seperti suara angin, lalu lintas, suara genset produksi, dll. Apabila dalam dialog terdapat gangguan-gangguan seperti yang disebutkan diatas, maka diperlukan proses ADR. Memasuki bagian post production, supervisor sound editor atau ADR supervisor mereview semua dialog dalam film dan memutuskan bagian dari dialog yang harus direkam ulang.

Tidak semua proses ADR dilakukan oleh talent/aktor yang sama (pemeran didalam video/film). Kadang-kadang menggunakan talent yang berbeda. Proses ADR yang terkenal dan pastinya sudah pernah kita dengarkan adegannya ada didalam film Star Wars. Karakter Darth Vader diperankan oleh aktor-aktor yang berbeda, tetapi untuk pengisi suaranya sebagian besar menggunakan suara James Earl Jones & Scott Lawrence:)

 

Tags: