Event Review: re•viv•al #3 Music Production and Edit

Posted on:

Setelah dua kali sukses melaksanakan rangkaian acara workshop dan performance music bertajuk “re·viv·al”, kali ini tim dari Neuland ID, RE.VIV.AL bekerja sama dengan Waiwai Studio kembali melaksanakan acara re·viv·al edisi ketiga.

revival-1024x768

re·viv·al sendiri adalah acara workshop yang dikemas secara santai untuk membicarakan hal-hal seputar teknis produksi dan perkembangan industri musik yang dilanjutkan dengan performance dari para Speaker.

Mengusung tajuk “Adaptasi ulang dari platform popular dalam konteks hari ini dan memberikan rumah terhadap eksplorasi bunyi, penglihatan dan ‘rasa’ melalui bentuk lokakarya dan pertunjukkan.” re·viv·al diharapkan dapat menjadi wadah dan ajang pertemuan para pegiat dan penikmat musik, khususnya electronic music, untuk saling berbagi pengetahuan seputar industri musik elektronik.

Bertempat di Agenda Resto and Vibe, tema re·viv·al ketiga ini adalah Music Production and Edit dengan Jonathan Kusuma (I’m Cliche/Paris & Coctail d’Amour/Berlin) sebagai speaker dan dimoderatori oleh Lintang Enrico dari Waiwai Studio.

Seperti dua workshop sebelumnya, workshop kali ini juga dibagi ke dalam 3 sesi. Pada sesi pertama Jonathan Kusuma atau yang akrab dipanggil dengan nama Ojon menceritakan awal mula ketertarikannya pada music production dan juga awal mula ia terjun ke dalam industri musik serta bagaimana tips dan trik untuk dapat survive di industri ini. Salah satu fakta menarik yang diungkapkan oleh Ojon adalah, dia sempat membuat sebuah label independen dan bekerja sendiri, namun karena menurutnya mengurus sebuah label independen sangat sulit dan merepotkan membuatnya memutuskan untuk bergabung dengan label lain yang sudah profesional.

Sesi kedua dilanjutkan dengan permintaan Lintang Enrico untuk mendengar dan membedah lebih dalam hasil produksi musik yang pernah dibuat oleh Jonathan. Ojon lalu menunjukkan dua hasil produksinya, satu berupa lagu orisinil dan satu lagi berupa music edit yang meng-cover musik milik orang lain.

Sesi ini membahas lebih dalam mengenai pilihan suara, proses kreatif dibalik komposisi, proses memproduksi suara hingga proses kolaboratif dengan musisi lain. Tidak luput juga mengenai instrumen dan alat produksi yang digunakan Ojon baik di dalam studio maupun saat berada di jalan.

revival_2-1024x768

Di sesi terakhir Lintang mengajak para peserta yang hadir untuk bertanya atau sharing kepada Speaker. Para peserta tampak sangat antusias pada sesi ini. Karena selain berkenalan lebih dekat dengan Music Production mereka juga dapat bertanya lebih jauh seputar teknis musik production, baik tips untuk mendapatkan suara yang diinginkan, tools yang dipakai ketika memporduksi sebuah musik atau peluang-peluang yang tersedia dalam industri ini.

revival_4-1024x768

Terima kasih kepada tim Neuland ID serta Waiwai Studio dan juga para pendukung dari Frekuensi Antara, Yes No Wave, Sae Sae, Diana Musik yang telah membuat acara ini terlaksana dengan baik. Juga tidak lupa Agenda Resto and Vibe yang sudah menyediakan tempat untuk workshop, serta Barcode Kitchen and Bar sebagai penyedia tempat untuk sesi performance.

Sampai jumpa pada acara re·viv·al berikutnya!

revival_7-1024x768

—————————————–

Link

DEKADENZNOW Podcast:

https://www.mixcloud.com/dekadenz

Aditya Permana:

https://www.mixcloud.com/aditya-permana/

Jonathan Kusuma:

https://www.mixcloud.com/kusuma/

Ridwan Susanto:

https://www.mixcloud.com/ridwansusanto/

—————————————–

Supported by :

Frekuensi Antara

Neuland.id

Sae Sae hostel

Yes No Wave music

Wai Wai Studio

Diana Musik

Agenda resto & vibes

Barcode kitchen & bar

.

.

#frekuensiantara

#revival_jog

#newlandID

#guedecide