Event report : Keseruan Workshop Flip in Cribs #1 : Sound FX Film

Posted on:

Pada tanggal 18 Juni 2016, bertempat di Waiwai Studio, Perum Tiara Grand Estate Blok B10 Jl. Kaliurang Km 6.5 Plemburan, Sleman telah berlangsung acara workshop Flip in Cribs #1. Workshop ini merupakan program dari Flip Digital Music Academy yang diselenggarakan setiap bulan. Workshop kali ini mengambil tema “Sound FX Film”

Acara mulai Pukul 16.30 WIB dibuka oleh Moderator Dito Satriawan, dengan menjelaskan sedikit rundown acara dan memperkenalkan pembicara pada workshop Flip in Cribs. Pembicara pada workshop tersebut adalah Jatmiko Kresnatama, dia adalah salah satu Audio Engineer dari Waiwai Studio dan Indovoiceover.com

Selanjutnya memasuki acara workshop, pembicara mulai menjelaskan tentang Sound FX Film, sound FX adalah salah satu elemen dari hierarki suara dalam film, yang bertujuan untuk membangun sebuah film menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Dalam Film terdapat 3 elemen suara yaitu suara Dialog, Sound FX, dan scroring/background music. Sound FX merupakan salah satu dari 3 elemen dalam Film yang bertujuan untuk membangun ruang, atau dengan maksud agar para penonton dapat merasakan sensasi dan mood dari karakter, setting tempat secara detail, bahkan pendengar dapat membangun imajinasi dengan suara – suara yang didengarkan.

Ada beberapa Jenis – jenis sound FX Film yang dijelaskan oleh pembicara, seperti suara latar atau sering disebut Ambience/Background dengan contoh seperti suara suasana di dalam ruangan atau di luar ruangan. Efek pergerakan tubuh manusia yang sering disebut Foley seperti suara orang jalan. Efek yang ditimbulkan namun bukan dari pergerakan manusia yang disebut Hard FX seperti suara ledakan, suara benda jatuh. Efek suara yang belom ada pengetahuannya tentang suara tersebut atau belum ada contoh suaranya, namun harus ada suara atau suara itu harus dibuat disebut Design FX seperti suara naga, suara dinosaurus, suara laser gun, dll.

Pembiacara juga sempat menjelaskan cara membuat sound FX  seperti merekam langsung menggunakan alat perekaman yang proper atau dapat dibuat dan didesain sendiri menggunakan synth atau dengan cara hybrid seperti merekam dan dimasukan dalam synth terus diolah ulang dengan synth. Pembiacara juga memberi gambaran cara pembuatan Sound FX Film dari jaman dulu sampai pada jaman saat ini dengan pemutaran video dari youtube. Pembuatan sound FX pada jaman dulu dilakukan secara in-sync dan real time direkam secara langsung. Sedang pada jaman sekarang Sound FX Film dapat dilakukan dengan perekaman multitrack dengan proses editing digital yang lebih mudah dalam sebuah DAW atau dengan menggunakan sound bank (kumpulan suara yang sudah direkam dan dijadikan dalam satu library).

Setelah selesai penjelasan materi Sound FX Film, pembicara memberi sedikit contoh pekerjaan sound FX dengan menampilkan beberapa contoh karyanya. Setelah itu para peserta diberi sebuah materi video untuk mencoba praktek menata sound FX Film secara langsung.

Selanjutnya setelah para peserta selesai melakukan praktek, dari hasil praktek tersebut langsung di review untuk diajadikan bahan diskusi. Diskusi ini sangat seru sekali, terlihat antusiasnya para peserta dengan pertanyan-pertanyaan yang berbobot.

Berikut ini adalah beberapa gambar keseruan workshop Flip in Cribs #1 : Sound FX Film

Flip inCribs #1

 

 

 

 

 

 

Flip inCribs #1

 

 

 

 

 

 

Flip inCribs #1

 

 

 

 

 

 

Flip inCribs #1

 

 

 

 

 

 

Flip inCribs #1