Build Sound Bank / Sound Library : A Sound Sample Documentation Of Gamelan

Posted on:

Mau berbagi cerita sedikit mengenai project yang sedang Waiwai Studio kerjakan, sebuah project yang spesial. Kenapa spesial? karena selain kita belum pernah melakukannya sebelumnya namun project ini juga mempunyai arti tersendiri bagi saya sebagai orang Jawa. Merekam gamelan, mendokumentasikannya dalam artian membuat Sound Bank atau Sample Library, Yess!!.

Recording Gamelan

Recording Gamelan

After a short preparation dan survey (merepotkan banyak teman-teman untuk mencari gamelan lengkap). Lengkap jenis instrumentnya (Gender, Slenthem, Kenong, Saron, Gambang, Siter, dll) maupun lengkap secara Scale (Slendro & Pelog). Karena tidak memungkinkan untuk membawa semua set peralatan gamelan lengkap ke dalam studio dikarenakan jumlahnya yang sangat banyak dan akan memakan waktu yang lama (deadline). Akhirnya kita menjatuhkan pilihan untuk merekam di sebuah sanggar bernama “Gemblung Gedrug” di desa Grogol, Seyegan-Godean, Sleman-Jogjakarta selama 2 hari di malam hari dengan menghadapi resiko noise dari cicak, tekek, jangkrik, kodok hingga kentongan ronda hehe.

Recording Gamelan

Recording Gamelan

Tidak banyak halangan yang dihadapi saat proses recording namun banyak kendala yang datang justru pada saat Post-Production (Editing) yaitu Noise dan Pitch (tune). Ya, yang disebutkan terakhir tersebut sungguh berat karena Gamelan sebagai instrument tidak mempunyai standart tune seperti yang biasa kita temui pada instrument modern (440). Gamelan mempunyai aturan main tersendiri yaitu Tune dasar atau Root Keys didasarkan pada suara (vocal range) si Empu atau si pembuat. Sehingga beda Empu maka beda pula seteman (tunning) pada gamelan tersebut. Dan Gamelan sebagai instrument baiknya rutin dilakukan penyeteman ulang (Re-Tunning) setiap beberapa tahun sekali dengan cara memakai “Tatah” atau dipukul pada bagian “balik” lempengan perunggu.

Informasi ini kami dapatkan langsung dari si Empu (pemilik & pengasuh sanggar Gemblung Gedrug) saat kami menanyakan perihal akan penggunaan Tuner (Logic Pro).

Recording Gamelan

Recording Gamelan

Jadi kami perlu melakukan sedikit “Re-Tunning” untuk membetulkan / merapihkan note yang “goyang” (kurang / kelebihan cent-kalian yang terbiasa menggunakan Melodyne / Autotune akan paham maksud saya) terutama pada note rendah dan note tinggi. And for the Maximal result, we are sample each note, yes every single note, Not just The Root Keys Zone.

Recording Gamelan

Recording Gamelan

Project merekam dan membuat Sound Bank / Sample Library serta sebagai bentuk pendokumentasian Instrument tradisional ini jujur membuat saya ketagihan dan sadar bahwa betapa kaya potensi budaya yang kita miliki. Dan belum kita maksimalkan, masih banyak Instrument tradisional dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia yang bersuara indah dan belum “terdokumentasikan” dalam bentuk Sound Sample. Jujur sangat malu saat saya menemukan Sound Bank Balinnese Gamelan berbentuk Native Instrument Kontakt yang pastinya dibuat oleh bukan orang Indonesia. Setidaknya kita bisa memberikan “sesuatu” dalam bidang kita masing-masing.

Akhir kata, hasil rekaman pada project ini akan dapat kalian dengarkan sekitar bulan Oktober.